Rapat dengan DPR, KPK ingin perbaiki integritas partai politik


Merdeka.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menghadiri rapat dengar pendapat di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat. Dalam paparannya, KPK ingin memperbaiki sistem integritas partai politik.

“Ada empat elemen dari integritas partai politik yang kita ingin perbaiki. Apakah kajian perlu kita dorong lewat diskusi antara KPK dan DPR,” kata Ketua KPK Agus Rahardjo dalam rapat dengar pendapat, Senin (12/2).

Empat elemen itu adalah kode etik, kaderisasi terbuka, makin baiknya rekrutmen pejabat publik, dan akuntabel pendanaan partai. Elemen itu diharapkan bisa meminimalisir tindak korupsi politik.

“Untuk minimalkan korupsi politik di partai KPK juga inisiasi sinergi teman-teman DPR agar beri dana lebih signifikan pada partai. Ada kenaikan walau masih jauh dari rekomendasi kita,” ujarnya.

Selain itu, di tahun 2018, KPK juga juga berencana membuat panduan teknis untuk penjabat negara. Terkait apa yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan bagi pejabat negara.

“Kami ingin dorong pengawasan supaya enggak terjadi konflik kepentingan. Dalam ini kalau kita bicara konflik interest pelanggaran etik belum ada panduan teknis apa yang boleh dan tak boleh dilakukan pejabat negara. 2018 KPK akan selesaikan,” katanya. [dan]


Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *